Posted by : Wawan Hartanto Minggu, 14 Desember 2014

Hubungan seri maupun hubungan paralel sering kita terapkan pada baterai, resistor dan juga kapasitor. Kita perlu memahami dengan baik karakteristik dari hubungan-hubungan itu dan memanfaatkannya didalam rangkaian elektronika.

Hubungan Seri

Hubungan seri dilaksanakan dengan cara komponen-komponen disusun secara sejajar.

Hubungan Seri Baterai

Baterai Seri
Karakteristik dari baterai-baterai yang dihubung secara sejajar (seri) adalah akan mampu menyediakan tegangan listrik yang berlipat ganda. Gambar diatas menunjukkan bahwa empat buah baterai (masing-masing bertegangan 1,5 Volt) jika dirangkai seri akan mampu menyediakan tegangan sebesar 6 Volt. Akan tetapi untuk kuat arusnya adalah tetap. Perhitungannya adalah:

  • Vt = V1 + V2 + V3 + V4
  • Vt = 1,5 Volt + 1,5 Volt + 1,5 Volt + 1,5 Volt
  • Vt = 6 Volt

Hubungan Seri Resistor

Beberapa buah resistor jika disusun secara sejajar (seri) maka nilai total hambatan yang diperoleh akan lebih besar daripada resistor terbesar yang diseri itu.
Resistor Seri

Hubungan Seri Kapasitor

Berbeda dengan baterai dan resistor, hubungan seri beberapa kapasitor justru akan memperkecil nilai kapasitansi. Sebagai pedoman, nilai totalnya adalah lebih kecil daripada kapasitor terkecil yang dihubung seri itu.
Kapasitor Seri

Hubungan Paralel

hubungan paralel dilakukan dengan cara komponen-komponen disusun secara deret.

Hubungan Paralel Baterai

Beberapa buah baterai bertegangan sama yang diparalel akan memiliki nilai total tegangan yang tetap, namun kuat-arusnya menjadi berlipat ganda dari semula.
Baterai Paralel

Hubungan Paralel Resistor

Beberapa buah resistor yang diparalel akan memiliki nilai total yang lebih kecil daripada resistor terkecil yang diparalel itu.
Resistor Paralel

Hubungan Paralel Kapasitor

Beberapa buah kapasitor yang diparalel akan memiliki nilai total yang lebih besar daripada kapasitor terbesar dalam rangkaian paralel tersebut.
Kapasitor Paralel

Punya pertanyaan?

Berlangganan Posting | Berlangganan Komentar

Welcome to My Blog

Materi Pembelajaran

Info Pelatihan

Pelatihan Dasar Robotika

Arsip Blog

Total Tayangan Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © DIY Rekayasa -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -